Baitul Gaul - Langkah Dongkel Pemasaran di Bulan Puasa supaya Omset Naik, Bulan Ramadhan selalu disongsong suka ria oleh semua kaum muslim dalam dunia. Terhitung beberapa pebisnis yang mengharap mendapat rezeki nomplok pada bulan penuh karunia ini.
Maklum, ekonomi di Tanah Air masih berasa susah karena wabah corona yang berkelanjutan. Periode krisis juga, hingga pemasaran semakin prihatin. Omset turun tajam telah 1,5 tahun ini.
Langkah Dongkel Pemasaran di Bulan Puasa supaya Omset Naik
Bulan puasa jadi harapan untuk pebisnis untuk kembali menaikkan pemasaran. Menambahkan penghasilan supaya usaha terus bertahan. Buat mendongrak omset, pebisnis perlu lakukan penyiapan masak dan mengaplikasikan taktik tepat sepanjang Ramadhan. Apa itu? Berikut penjelasannya:
1. Check stock produk
Umumnya keinginan customer sepanjang Ramadhan bertambah. Terutama bagi barang atau produk tertentu, seperti sembako, pakaian muslim, peralatan shalat, kurma, hijab, beberapa bahan untuk bikin kue, buah-buahan, dan yang lain.
Anda pasti harus mempunyai stock barang yang cukup agar penuhi keinginan customer. Baik itu bila Anda jual DEPOSIT PULSA barang produksi sendiri atau ambil dari suplier.
Janganlah sampai menyebalkan konsumen dengan menjelaskan jika barang yang dicari telah habis. Sudah pasti Anda melewati peluang besar mengantongi beberapa pundi uang.
Siapa tahu konsumen itu ingin beli barang Anda dalam skala besar. Oleh karenanya, seharusnya Anda menambahkan jumlah stock barang supaya tidak kekurangan jika keinginan lagi banyak.
Akan tetapi, harus tetap ditelaah stock barang yang bagus untuk penuhi keperluan Ramadan. Tidak boleh over, hingga Anda jadi rugi.
Di lain sisi, tambahan stock barang perlu dituruti dengan kualitas baik. Jumlah makin banyak, tapi mempertaruhkan kualitas, ini yang perlu dijauhi pebisnis.
Jaga kualitas produk Anda supaya konsumen berasa senang dan tidak berpindah ke toko lain. Barang yang ingin dibeli ada, dan kwalitasnya juga oke.
2. Check cash flow perusahaan
Anda harus memeriksa arus keuangan perusahaan. Jika kas itu benar-benar cukup buat menambahkan stock produk, melangsungkan promosi khusus Ramadan, bayar hutang perusahaan, dan terpenting bayar upah dan Sokongan Hari Raya (THR) karyawan.
Disamping itu, yakinkan kas perusahaan sanggup mengongkosi keperluan tiba-tiba yang perlu disanggupi sepanjang Ramadhan. Janganlah sampai saat bulan puasa, Anda belingsatan karena tidak punyai kas yang cukup buat mengongkosi operasional perusahaan.
3. Berikan potongan harga atau promosi menarik lain
Bulan Ramadhan ada sekali dalam satu tahun. Kesempatan kali ini jangan disia-siakan pebisnis untuk tingkatkan pemasaran, terhitung Anda.
Salah satunya daya tariknya dengan memberikan promosi. Anda dapat mendesain program promosi yang sesuai keperluan customer dan anggaran perusahaan. Misalkan saja potongan harga atau diskon, harga khusus, buy 1 get 1 atau get 3, cashback, atau gabungan promosi, seperti membeli 3 poin bisa potongan harga.
Potongan harga besar dan promosi sama itu sebagai salah satunya taktik marketing paling tepat meningkatkan pemasaran dan keuntungan. Jika sudah putuskan promosi Ramadhan apa yang bakal Anda beri pada customer, karena itu selekasnya pasang dan sebarkan di online shop atau situs usaha Anda. Terhitung mempersiapkan edaran atau spanduk promosi untuk di display di muka toko.
4. Galakkan promo
Sesudah mendesain program promosi menarik sepanjang Ramadan dan Lebaran, Anda harus agresif mempromokannya. Sia-sia punyai promosi bagus, tapi tidak ada yang mengetahui.
Anda bisa manfaatkan sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube untuk pasarkan produk atau menebar program promosi Anda. Kemampuan sosial media benar-benar hebat dalam mempengaruhi customer.
Sosial media jadi salah satunya tempat promo online yang paling dicicipi aktor usaha. Promokan secara terus-menerus dengan caption menarik, supaya produk dan program promosi Ramadan Anda dijumpai warga luas.
Lihat waktu promo-nya supaya produk mendapatkan banyak views. Jika Anda belum pahami masalah manfaatkan sosial media untuk usaha, tarik saja seseorang menjadi admin. Istilahnya jadi media sosial spesialis . Sehingga Anda masih dapat konsentrasi pada usaha.
5. Gandeng selebgram atau influencer
Langkah lain untuk mempromokan produk atau program promosi Anda yang modern ialah menggamit selebgram, influencer, atau youtuber. Misalkan Anda punyai usaha kulineran. Sedang promosi menu berbuka puasa dengan potongan harga sampai 50 %.
Endorse saja salah satunya youtuber atau food vlogger untuk mukbang atau memasang iklan di account youtube-nya. Langkah ini benar-benar baik untuk menolong usaha Anda.
Tidak perlu youtuber, selebgram atau food vlogger populer. Yang perlu mereka punyai pangkalan followers dan subscriber banyak.
6 . Sehingga partner e-commerce atau program pesan makanan online
Saat ini masih wabah. Trend berbelanja beralih menjadi online atau daring, terhitung beli makanan. Warga memakai program pesan antar makanan online, seperti GoFood, Grab Food, dan Shopee Food.
Berlaku juga untuk usaha atau usaha non-kuliner, seperti fesyen, produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, dan yang lain. Nach Anda dapat tergabung jadi partner AGEN SLOT TERBAIK aplikasi atau e-commerce.
Sertakan produk atau barang yang Anda jual komplet dengan deskripsi terang dan menarik. Dan Anda bisa memberi promosi gratis biaya kirim, misalkan dengan berbelanja minimum Rp 30 ribu.